bunga telang

Table of Contents

Belakangan ini bunga telang (Clitoria ternatea L.) semakin populer di Indonesia sebagai bunga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sajian minuman bunga telang atau dalam bentuk penganan lain semakin mudah dijumpai di restoran. Bunga telang, segar ataupun kering, kini relatif semakin ramai diperjualbelikan. Semakin banyak pula yang menanam tanaman bunga telang di pekarangan rumah untuk keperluan satu keluarga. Yuk, cari tahu manfaat bunga telang dan fakta menariknya!

Apa Itu Bunga Telang

Bunga telang memiliki nama latin Clitoria ternatea, adalah tumbuhan merambat yang dapat ditemukan di pekarangan sebagai bunga hias, atau tepi hutan. Bunga telang termasuk dalam suku Papilionaceae dan Fabaceae (polong-polongan). Adapun taksonomi tumbuhan telang dikutip dari Plantamor adalah sebagai berikut:

Kingdom : Plantae

Divisi               : Tracheophyta

Infrodivisi    : Angiospermae

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo               : Fabales

Familia            : Fabaceae

Genus               : Clitoria

Spesies             : Clitoria ternatea

Bunga telang termasuk dalam tanaman penutup tanah, bunga telang mampu menutup tanah dengan baik pada umur 4 – 6 minggu setelah tanam. Adapun habitat dari bunga telang banyak tumbuh di daerah tropis dataran rendah lembab dan agak lembab serta dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh. Tanaman ini tumbuh menyebar di berbagai belahan dunia yang beriklim tropis dan subtropis di benua Asia dan Pasifik, Amerika dan Karibia, serta benua Afrika dan Australia.

Bunga telang termasuk dalam tanaman perdu yang tumbuh merambat. Memiliki batang berambut halus, pangkal batang berkayu, batang muda berwarna hijau, berdaun majemuk dengan tipe pertulangan menyirip. Bunga telang termasuk bunga tunggal yang muncul langsung dari ketiak daun dan memiliki bentuk bunga seperti kupu-kupu. Kelopak bunga berwarna hijau, sedangkan mahkota bunga berwarna biru nila dengan warna putih di tengahnya. Buahnya berbentuk polong, dan pipih memanjang. Polong muda berwarna hijau, dan polong matang berwarna kecoklatan.

Tanaman ini dapat dikembang biakan dengancara stek batang atau biji. Tanaman bunga telang tergolong terna menahun karena memiliki pangkal tanamannya berkayu, batang merambat dengan pola membelit ke kiri.

Selain digunakan sebagai tanaman penghias pagar karena bunganya dapat mekar sepanjang tahun. Bunga telang juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak senyawa bioaktif dan digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional.

Fakta tentang Teh Bunga Telang

Selain memiliki warna yang cantik, seduhan teh dari bunga telang juga memiliki beberapa fakta menarik yang tentunya juga bermanfaat untuk Kesehatan kamu, berikut beberapa fakta tentang teh bunga telang yang harus kamu ketahui:

  • Berwarna Biru Keunguan

Warna biru keunguan pada teh bunga telang merupakan indikator yang menunjukan bahwa teh bunga telang memiliki jumlah antioksidan yang tinggi di dalamnya. Antioksidan mengurangi risiko kerusakan sel, yang juga dikenal memperlambat efek penuaan pada kulit dan rambut.

2.Memiliki Antioksidan yang Setara dengan Teh Hijau

Ekstrak pohon bunga telang Memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. Faktanya, tanaman kembang telang adalah satu-satunya tanaman yang tingkat antioksidannya sebanding dengan teh hijau.

3.Memiliki Kandungan Flavonoid yang Tinggi

Memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, bunga atau kembang telang merupakan antioksidan kuat dengan sifat antiinflamasi, yang mana juga membantu dapat meningkatkan kekebalan tubuh peminumnya.

4.Memiliki Ansiolitik si Penghilang Stress

Selain rasanya yang enak, bunga telang juga memiliki efek ansiolitik yang bermanfaat pada manusia. Khasiat bunga telang di sini dapat merilekskan tubuh dan membantu tubuh mengatasi stres.

5.Bersifat Seperti Paracetamol

Teh bunga telang dipercaya dapat membantu menurunkan demam dengan melebarkan pembuluh darah tepat di bawah kulit. Ini akan memungkinkan udara untuk mendinginkan darah dengan lebih mudah.

6.Membantu meredakan masalah pernapasan

Teh bunga telang dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan asma, karena berfungsi sebagai ekspektoran. Dengan kata lain, membantu membersihkan lendir dari saluran udara, paru-paru, dan trakea.

7.Memiliki Kandungan  Proanthocyanidin

Teh bunga telang secara tradisional biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit mata. Proanthocyanidin yang terkandung dalam teh bunga telang bertanggung jawab untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini membuat teh bunga telang efektif untuk mengobati kerusakan retina, glaukoma, atau penglihatan yang kabur.

Beragam Manfaat yang Terkandung dalam Bunga Telang bagi Kesehatan

Yuk, cari tahu informasi terkait manfaat atau yang diklaim sebagai khasiat bunga telang bagi kesehatan yang selama ini belum pernah kamu tahu. Berikut merupakan beberapa ringkasan tentang manfaat bunga telang.

  • Bersifat Sebagai Antioksidan

Ekstrak bunga telang dilaporkan efektif mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan dapat melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif yang diinduksi oleh hidrogen peroksida dan sinar ultraviolet.

  • Bersifat Sebagai Antidiabetes

Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh terjadinya hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolisme lipoprotein), dan metabolisme protein abnormal akibat terganggunya sekresi dan atau kerja insulin. Efek hipoglikemia ekstrak bunga telang telah dibuktikan melalui beberapa penelitian menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin, serta meningkatkan insulin.

  1. Sebagai Antikanker

Dalam penelitian Neda et al. (2013) melaporkan bahwa Aktivitas anti-proliferasi ekstrak bunga telang potensial menghambat laju sel kanker payudara, dan kanker laring.

  1. Sebagai Antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah upaya perlindungan tubuh yang bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen dan memulai proses penyembuhan. Dalam beberapa penelitian, ekstrak bunga telang berpotensi sebagai antiinflamasi yang baik.

  1. Sebagai Antiasma

Salah satu khasiat bunga telang yang dipercaya di dalam pengobatan tradisional India adalah untuk menyembuhkan asma dan meredakan batuk. Singh, et al., (2018) dalam penelitiannya menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang yang terstandar berpotensi sebagai terapi alternatif dalam penanganan asma yang disebabkan oleh alergi.

  1. Sebagai Antiobesitas dan Menurunkan Kolesterol

Baru-baru ini, dalam penelitian bunga telang juga dilaporkan bahwa manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan dapat dilihat dari anti adipogenesis (pembentukan jaringan lemak) yang berperan untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol darah.

Bahaya Bunga Telang yang Perlu Diwaspadai

Seperti jenis makanan dan minumnya lainya, konsumsi teh bunga telang secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya, kamu harus tahu efek samping apa saja jika kamu mengkonsumsi bunga telang secara berlebihan. Di bawah ini ada beberapa bahaya bunga telang yang perlu untuk diwaspadai

  1. Mual dan Diare

Mual dan diare dapat terjadi jika kamu mengkonsumsinya tanpa takaran pasti atau berlebihan. Untuk itulah, jika memang ingin mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi bunga telang, sajikan sewajarnya saja.

  1. Mengakibatkan Batu Ginjal

Bahaya bunga telang selanjutnya yang harus kamu tahu adalah dapat mengakibatkan batu ginjal. Bunga telang mempunyai asam oksalat yang cukup tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, asam oksalat tersebut akan mengikat senyawa lain di dalam tubuh dan mengakibatkan batu ginjal.

  1. Anti-gizi

Kandungan asam oksalat di dalam bunga telang yang tinggi, juga mungkinkan mengikat gizi lain di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh tak dapat menggunakan vitamin dan dapat mengakibatkan seseorang kekurangan gizi.

Efek samping dan bahaya bunga telang di atas dapat terjadi jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu mari bijak dalam memanfaatkan bunga telang agar kita bisa mendapat manfaat untuk tubuh kita. Agar lebih banyak manfaat kesehatan yang didapat, yuk proteksi diri dengan mempersiapkan asuransi kesehatan yang bisa membuat kita lebih aman dan nyaman di hari tua. Salam sehat semuanya!